MY SMILE

Wilujeng Sumping ...

More About Me...

Who am I ?

Hi there, I am originally from Sundanesse Indonesia. Mugia ieu Blog sing janten mangpaat, sasieureun sabeunyeureun, kanggo urang sadaya, utamina sing saha bae anu micinta Blog. Welcome to my life !

Pesan Abi » » Keluhuran BUDI PEKERTI akan tampak pada UCAPAN dan TINDAKAN.

12 KEBIASAAN PRODUKTIF YANG DIANJURKAN

1. Sediakan lebih banyak waktu untuk membaca dan sediakanlah waktu 15 menit untuk memikirkan dan mengendapkan bacaan anda.
Setiap Anda selesai membaca, berarti Anda telah menyerap suatu informasi dan akan meningkat ke tahap seleksi. Karena itu sisakanlah waktu 15 menit untuk memikirkan kembali apa yang Anda baca. Endapkan. Ingat-ingatlah bacaan yang pernah Anda baca sebelumnya dan hubungkan dengan yang barusan Anda baca hari ini. Begitu selalu; mengingat-ingat.

2.Luangkan waktu selama 20 menit dalam sehari untuk menyendiri dan merenung
Waktu paling tepat untuk merenung adalah sebelum subuh. Duduklah dengan rileks supaya nafas Anda keluar secara teratur. Pejamkan mata. Aturlah nafas. Tarik nafas dari hidung dan keluarkan melalui mulut. Ikuti pernafasan itu dengan pikiran Anda. Mulailah merenung, tentang apa saja. Efek dari kebiasaan ini adalah Anda akan terbiasa melakukan pemikiran vertikal, berpikir ke atas, juga akan meluaskan dan melegakan perasaan Anda serta ketenangan yang luar biasa. Ketenangan berarti Anda memiliki tingkat kontrol yang luar biasa terhadap diri Anda sendiri.

3.Pertahankan stamina spiritual Anda melalui ibadah mahdhah yang rutin
Standar ibadah rutin yang dianjurkan adalah:
- shalat berjamaah di masjid
- shalat sunat rawatib minimal 10 atau 12 rakaat sehari
- shalat witir 1 atau 3 rakaat
- Baca Al Quran ½ atau 1 juz atau berapa pun yang dapat Anda lakukan dalam sehari
- Bacalah dzikir di pagi dan sore hari, atau minimal 1 kali sehari
- Satu kali dalam sepekan lakukanlah khalwat dan dzikir yang lebih banyak dari hari-hari biasa, Anda perlu meluangkan waktu 1-2 jam untuk melakukan hal tersebut.
Jadikanlah kebiasaan ini sebagai standar untuk menciptakan siklus spiritual Anda.

4.Jagalah kondisi fisik Anda
- Makan secara teratur dan bergizi
- Istirahat yang cukup
- Olahraga ringan yang rutin

5.Tingkatkan apresiasi Anda melalui seni dan alam
Anda perlu membaca buku sastra, seni, dan puisi. Datanglah ke pameran lukisan atau pembacaan puisi dan cobalah berapresiasi. Anda juga perlu jalan-jalan melihat alam yang indah dan terlibat di dalamnya, merenungi alam, menghayati, dan meresapinya. Itu perlu dilakukan untuk menghaluskan perasaan Anda.

6.Buatlah rencana perjalanan wisata
Jika Anda melakukan kunjungan ke suatu daerah, Anda perlu membuat standar tentang apa yang perlu Anda ketahui dari daerah tersebut, aspek ekonomi, budayanya, seni, atau sosialnya. Jangan sekadar menikmati pemandangannya. sehingga setiap kali pergi, Anda akan mendapatkan pengetahuan baru.

7.Luaskanlah wilayah pergaulan Anda
Anda perlu memperkuat kemampuan komunikasi untuk memperluas jenjang usia teman atau sahabat Anda. Ada baiknya Anda memilih teman yang pengetahuannya lebih banyak dan lebih baik daripada Anda. Karena dari sanalah Anda akan menerima lebih banyak.

8.Tingkatkan kontrol terhadap pikiran-pikiran yang memenuhi benak Anda
Pikiran yang muncul dalam benak kita harus dikontrol secara ketat karena pikiran itulah yang mempengaruhi suasana jiwa dan melahirkan tindakan

9.Biasakanlah mencatat gagasan secara teratur
Suatu ide atau gagasan memerlukan proses pematangan. Dengan mencatat, berarti Anda telah melakukan proses pematangan ide atau gagasan dengan pengendapan dalam memori yang lebih kuat.

10.Biasakan lebih banyak diam dan mendengar daripada bicara
Jika ingin bicara sebaiknya Anda harus benar-benar yakin bahwa apa yang akan disampaikan adalah sesuatu yang sudah Anda pikirkan. Biasakanlah diam atau merenung dalam hidup, maka Anda akan produktif dalam hidup. Diam bukan berarti Anda sama sekali tidak berbicara. Tetapi diam dalam pengertian bahwa Anda hanya berbicara jika ada kebutuhan untuk itu.

11.Kontrol emosi agar tetap tenang, tidak mudah terpengaruh sanjungan dan kritikan
Anda harus pandai menstruktur ekspresi emosi secara bertahap. Pertama-tama gunakan mata. Orang yang langsung mengekspresikan emosi melalui tindakan fisik biasanya lemah. Kemudian melalui rona wajah secara keseluruhan, setelah itu baru mulai mengeluarkan suara, dan menggunakan fisik, jika dirasa perlu. Makin efektif pengaruh mata Anda, semakin Anda tidak membutuhkan fisik untuk mengekspresikan emosi.

12.Lakukan latihan pernapasan secara teratur
Tarik nafas melalui hidung, keluarkan melalui mulut; tarik nafas dalam-dalam melalui hidung, kemudian turunkan ke dada, terus ke perut, naik kembali ke dada, turun lagi ke perut. Itu sudah cukup, asalkan rutin. Yang kita butuhkan bukan tenaga dalamnya, tapi keseimbangan peredaran darah dan kebugaran internal.

“Model Manusia Muslim, Pesona Abad 21” karya: H.M.Anis Matta, Lc



0 komentar:

Posting Komentar



 
doni yuda
Kuningan, west java, 45551
ID
Work: 9110768
kuningan_taekwondo@yahoo.com
Visit MyBlogLog and get a signature like this!